Kanker Payudara

Sudah tujuh tahun, tapi saya masih ingat menerima diagnosis kanker payudara saya seperti kemarin. Saya berada di kereta menuju rumah ketika saya menerima panggilan telepon dari kantor dokter perawatan primer saya. Kecuali dokter saya yang berumur 10 tahun sedang berlibur, jadi dokter lain yang belum pernah saya temui membuat panggilan telepon.

“Saya minta maaf memberi tahu Anda, Anda menderita kanker payudara. Tetapi itu adalah jenis kanker payudara yang baik. Anda perlu menghubungi ahli bedah untuk mengangkat tumor, ”katanya.

Setelah dua bulan tes dan biopsi, masih memukul seperti dinding bata untuk mendengar empat kata yang ditakuti, "Anda menderita kanker payudara." Dan jenis yang baik? Serius? Siapa yang mengatakan itu?

Sedikit yang saya tahu, saya akan segera menjadi setinggi lutut di dunia pengujian, genetika, reseptor, diagnosis, dan perawatan. Dokter itu memiliki niat baik ketika dia mengatakan “orang baik,” dan ada sedikit kebenaran dalam pernyataan itu - tetapi itu bukan pendapat orang tentang kapan mereka mendapatkan diagnosis.
Hanya kata-kata invasif dan non-invasif dapat mengubah segalanya

Menurut Dr. David Weintritt, ahli bedah payudara bersertifikat dan pendiri National Breast Centre Foundation, ada dua jenis utama kanker payudara: karsinoma duktal in situ (DCIS) dan karsinoma duktal invasif (IDC).

Studi yang lebih baru menunjukkan bahwa beberapa orang dengan DCIS dapat diobservasi lebih dekat daripada diobati, yang memberikan harapan bagi mereka yang diberikan diagnosis ini. Sekitar 20 persen kanker payudara adalah DCIS, atau noninvasif. Itu 20 persen orang yang bernapas sedikit lebih mudah ketika mendengar diagnosis mereka.

Dan 80 persen lainnya?

Mereka invasif.

Dan bahkan dengan diagnosis kanker payudara invasif, pengobatan dan pengalamannya bukan satu ukuran cocok untuk semua.

Beberapa ditemukan awal, beberapa tumbuh perlahan, ada yang jinak, dan yang lainnya mematikan. Tetapi apa yang kita semua dapat hubungkan adalah rasa takut, stres, dan ketegangan yang muncul dengan diagnosis. Kami menghubungi beberapa wanita * dan bertanya tentang pengalaman dan kisah mereka.

* Empat wanita yang diwawancarai setuju untuk menggunakan nama pertama mereka. Mereka ingin pembaca tahu bahwa mereka benar-benar selamat dan ingin memberi harapan kepada generasi wanita berikutnya yang menerima diagnosis.
"Dokter bedah saya membuat saya takut." - Jenna, didiagnosis pada 37

Jenna menerima diagnosis IDC yang cukup berbeda. Dia juga membawa mutasi genetik dan memiliki sel kanker yang terbagi lebih cepat. Dokter bedah Jenna sebenarnya sangat kasar tentang betapa agresifnya kanker payudara positifnya.

Untungnya, onkolognya optimis dan memberinya tindakan terbaik untuk perawatan. Ini termasuk enam putaran kemo setiap tiga minggu (Taxotere, Herceptin, dan Carboplatin), Herceptin selama setahun, dan mastektomi ganda. Jenna sedang dalam proses menyelesaikan pengobatan Tamoxifen selama lima tahun.

Sebelum perawatan Jenna dimulai, dia membekukan telurnya untuk memberinya pilihan untuk dapat memiliki anak. Karena mutasi gen, Jenna juga memiliki peningkatan risiko kanker ovarium. Dia sedang mendiskusikan dengan dokternya pilihan untuk mengeluarkan indung telurnya.

Jenna kini telah bebas kanker selama lebih dari tiga tahun.
'Benjolan saya kecil dan agresif.' - Sherree, didiagnosis pada 47

Sherree memiliki tumor yang kecil tetapi agresif. Dia menerima 12 minggu kemoterapi, enam minggu radiasi, dan tujuh tahun Tamoxifen. Sherree juga merupakan bagian dari studi double-blind untuk obat Avastin, yang telah dia lakukan selama tiga tahun terakhir.

Ketika Sherree melakukan lumpectomy yang dilakukan untuk mengangkat tumor, marginnya tidak “bersih,” yang berarti tumor mulai menyebar. Mereka harus kembali dan menghapus lebih banyak. Dia kemudian memilih untuk mastektomi untuk memastikan semuanya keluar. Sherree sedang merayakan korban selamatnya yang berumur delapan tahun dan menghitung hari-hari untuk mencapai # 10 besar.
'Aku punya double whammy.' - Kris, didiagnosis pada 41

Diagnosis pertama Kris adalah ketika dia berusia 41 tahun. Dia menjalani mastektomi di payudara kirinya dengan rekonstruksi dan berada di Tamoxifen selama lima tahun. Kris sembilan bulan keluar dari diagnosis awal ketika onkolognya menemukan benjolan lain di sisi kanannya.

Untuk itu, Kris menjalani enam putaran kemoterapi dan mendapatkan mastektomi di sisi kanannya. Dia juga memiliki bagian dinding dadanya dihapus.

Setelah dua diagnosa dan kehilangan kedua payudaranya, 70 pon, dan seorang suami, Kris memiliki pandangan baru tentang kehidupan dan hidup setiap hari dengan iman dan cinta. Dia sudah bebas kanker selama tujuh tahun dan terus bertambah.
"Dokter saya memandang saya dengan belas kasihan." - Mary, yang didiagnosis pada usia 51 tahun

Ketika Mary didiagnosis, dokternya memandangnya dengan belas kasihan dan berkata, “Kita harus melanjutkan ini secepat mungkin. Ini bisa diobati sekarang karena kemajuan dalam kedokteran. Tetapi jika ini 10 tahun yang lalu, Anda pasti akan melihat hukuman mati. "

Mary mengambil enam siklus kemoterapi dan Herceptin. Dia kemudian melanjutkan Herceptin untuk satu tahun tambahan. Dia menjalani radiasi, mastektomi ganda, dan rekonstruksi. Mary adalah orang yang selamat dari dua tahun dan sejak saat itu menjadi jelas. Tidak sayang sekarang!

Jangan khawatir. Itu jenis kanker payudara yang baik. '- Holly, didiagnosis pada 39

Bagi saya dan “jenis kanker payudara” saya yang baik, situasi saya berarti saya menderita kanker yang tumbuh lambat. Saya memiliki lumpectomy di payudara kanan saya. Tumornya 1,3 cm. Saya menjalani empat putaran kemoterapi dan 36 sesi radiasi. Saya sudah berada di Tamoxifen selama enam tahun dan bersiap-siap merayakan tahun ketujuh saya yang selamat.
Kami mungkin memiliki perjalanan yang berbeda, tetapi Anda tidak sendirian

Selain diagnosis kanker payudara yang menghubungkan kita semua sebagai suster kesatria, kita semua memiliki satu kesamaan: Kita punya ide. Jauh sebelum diagnosis, tes, biopsi, kami tahu. Apakah kami merasakan benjolan di rumah kami atau di kantor dokter, kami tahu.

Itu adalah suara kecil di dalam diri kami yang mengatakan kepada kami bahwa ada sesuatu yang tidak benar. Jika Anda atau orang yang dicintai mencurigai ada yang salah, silakan temui dokter profesional. Menerima diagnosis kanker payudara bisa menakutkan, tetapi Anda tidak sendirian.

“Terlepas dari diagnosis, penting bagi semua pasien untuk melakukan percakapan dengan dokter, ahli onkologi, atau spesialis mereka untuk membuat pendekatan yang dipersonalisasi dan rencana perawatan yang berhasil,” imbuh Dr. Weintritt.

Kami berlima masih dalam pemulihan, baik di dalam maupun di luar. Ini adalah perjalanan seumur hidup, di mana kita semua hidup setiap hari sepenuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar